Anak Konglomerat Mencari Cinta Yang Tulus

Catatan FTV “Kecantol Anak Konglomerat”

Oleh Mutmainah Guntur



Film ini bercerita tentang seorang anak konglomerat yang mencari cinta sejatinya. Adegan dimuali dengan Kinar dan Daniel pergi ke suatu mal untuk berbelanja. Namun disini bukan Kinar yang dibelanjain oleh Daniel, tapi malah Kinar yang membayar belanjaan Daniel. Kinar merasa sangat sedih dan kecewa ketika tahu jika pacarnya Daniel ternyata hanya mencintai harta Kinar saja. Kinar memang seorang anak konglomerat, maka dari itu Daniel hanya memanfaatkan Kinar untuk diporotin saja. Kinar pun memutuskan hubungannya dengan Daniel. Kinar yang sedang hancur kemudian lari dari mal dan spontan saja naik motor Adit yang Kinar kira adalah tukang ojek.
Adit yang bingung melihat cewek cantik sedang sedih di atas motornya, akhirnya berniat membantu dengan mengantarkan Kinar. Tapi tujuan Kinar yang tidak jelas justru malah tambah membuat Adit bingung, apalagi  Kinar malah menangis saat ditanya Adit. Adit yang seorang sales coklat memberikan Kinar sebuah coklat yang katanya dapat menenangkan hati yang lagi sedih. Dan benar saja hati Kinar terobati, tapi bukan karena coklatnya, melainkan oleh sosok Adit yang membuat hati Kinar menjadi suka.
Di tengah asmara Kinar terbesit sebuah pemikiran, Kinar takut jika Adit ini sama saja seperti cowok kebanyakan yang hanya mencintai harta Kinar saja. Odel, pembantu Kinar pun memberikan ide  cara mengetes tulus tidaknya cinta Adit kepada Kinar.  Kinar dan kedua orang tuanya pun setuju dengan ide Odel. Kinar rela bertukar peran dengan pembantunya, Kinar menyamar sebagai Odel dan Odel pun menyamar sebagai Kinar.
Seiring berjalannya ide tersebut dan akhirnya Adit pun jatuh cinta pada Kinar walau yang Adit tau Kinar adalah seorang pembantu. Namun sepandai pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga, Sepandai pandainya menyembunyikan ide tersebut akhirnya ketahuan juga. Kebenaran tersebut didapati Adit dari mantan Kinar yakni Daniel. Karena merasa Kinar dan keluarga telah menipunya, Adit pun marah dan mulai menjauhi Kinar, dan inilah awal keretakan hubungan Kinar dengan Adit.
Hati Kinar hancur setelah mengetahui Adit marah dan mulai menjauhinya. Berbagai macam cara Kinar untuk memberi penjelasan dan membuktikan bahwa dirinya benar-benar cinta, namun Adit tetap saja tidak mau menghiraukannya lagi.
Pada saat Kinar hendak menemui Adit untuk meminta maaf, tanpa sengaja Kinar melihat dan mendengar perbincangan Adit dengan Daniel yang dimana Adit menekankan kepada Daniel bahwasanya dia sudah tidak tertarik dan peduli dengan Kinar. Hati Kinar merasa sakit mendengar hal itu.
Aufar, sahabat Kinar yang menemani Kinar saat itu pun tidak terima dengan perkataan Adit tersebut lantas langsung menemui Adit dan meluapkan kekecewaannya terhadap Adit yang dia rasa terlalu ego hingga tidak melihat seorang yang benar tulus mencintainya.
Setelah mengetahui Adit tidak lagi memperdulikannya, Kinar pun mersa sedih dan berhenti mengejar Adit. Karena merasa perkataan Aufar benar Adit pun mencuba mendekati Kinar untuk meminta maaf, namun Kinar sudah terlanjur sedih sehingga ia pun menafikan cintanya kepada Adit. Lagi-lagi berkat ide cemerlang Odelia, Kinar akhirnya Kinar dan Adit pun bersatu kembali dengan restu kedua orang tua Kinar.
 FTV ini membuat saya tertarik untuk menyaksikan sampai akhir. Ada banyak pesan yang terkandung dalam FTV ini, diantaranya mengajak kita berfikir tentang hakikat cinta yang tulus. Yakni cinta yang didasarkan oleh kasih dan sayang tanpa ada sesuatu lagi yang membumbuhinya termasuk materi.
Namun ada adegan yang kurang logis,  ketika Adit yang merasa ditipu oleh Kinar dan kedua orang tua Kinar, Adit mendatangi kedua orang tua Kinar. Adit tampak membentak atau meninggikan suaranya dihadapan kedua orang tua Kinar. Mana berani seorang sales membentak konglomerat di rumahnya. Selain tidak logis, adegan tersebut kurang baik sebagai tuntunan dibalik tontonan, sebab yang kita ketahui bahwa jangan pernah meninggikan suara dihadapan seseorang yang lebih tua dari kita sekalipun orang tua berbuat salah. Semua adegan saya suka, hanya bagian itu yang saya kurang suka, namun untuk keselurah best deh….

=================================================

Judul Film                         : Kecantol Anak Konglomerat
Sutradara                          : Dania
Produser                           : Budi Mulyono
Produser Plaksana              : Megawati Santoso
Editor                               : Ishak Sofyan Maulana
Penata Music                     : Wiwiex Soedarno
Director Of Photography      : Regina
Penata Artistic                    : Anes
Penulis Scenario                 : A Team
Durasi                              : 1h 18mn
Produksi                           : Diwangkara

Tokoh-tokoh dalam  Film
Acha Septriasa         : Kinar (anak konglomerat)
Dimas Aditya           : Adit (sales coklat)
Maryam Hani           : Odelia (pembantu rumah tangga Kinar)
Winda Khair             :  Afar (sahabat Kinar)
Michael                   : Daniel (pacar matre kinar)
Early Ashyla             : Mamah Kinar

Abio Abi                  : papah Kinar

0 komentar: