Ketika Loyalitas Seorang Teman Diragukan

Catatan Film Pendek “Loyal”

Oleh Annisa Nurazizza


“There’s no friend as loyal as a book” begitulah pesan yang ingin  disampaikan dalam film ini, diawali dengan seorang wanita bernama Gea yang sedang duduk-duduk ditaman, kemudian ditinggal oleh kedua orang temannya. Tidak lama ia melihat seorang lelaki yang sedang membawa buku.
Mereka hanya saling tersenyum, dan kemudian berlalu. Dalam film ini Gea merasa selalu ditinggal sendiri, sampai-sampai pacarnyapun meninggalkannya dan malah justru berselingkuh dengan sahabatnya sendiri.
Hampir beberapa kali Gea melihat lelaki misterius yang sama, yang selalu membawa buku setiap kali Gea melihatnya, sampai suatu ketika ia memberanikan diri untuk menyapa lelaki itu.


Tanpa basa-basi lelaki itu mengambil sesuatu dari dalam tasnya, dan ia memberikan Gea sebuah buku dengan judul “loyal”. Ending dari film ini ialah ditutup dengan mengangkat buku yang sedang Gea dan lelaki itu baca dengan judul masing-masing “Loyal” ditangan Gea, dan “Friend” ditangan sang lelaki.
Filmnya bagus, pesan dari filmnya tersampaikan, pengambilan gambar sudah cukup bagus, termasuk ilustrasi musik sudah sangat mendukung. Namun Properti yang digunakan kurang diperhatikan, dilihat saat buku yang berjudul “loyal” dan “friend” jelas ditimpa oleh kertas seperti ditempel. Ada beberapa adegan yang tidak sejalan dengan suaranya (antara pengisi suara dan adegan)
Secara garis besar, acting dari para pemeran sudah bagus, namun masih ada beberapa pemain yang masih kurang natural dalam memainkan perannya. Adapun Pesan Moral dari film ini Kadang orang terdekatmu adalah orang yang paling menyakitimu, sahabat sekalipun. Saat sahabat maupun sang kekasih hati mengkhianati kita, saat itu pula kita tahu bahwa loyalitas seseorang tidak bergantung pada seberapa lama dan dekatnya kita dengan orang itu.
Solusi yang ditawarkan dalam film ini ialah dikutip dari kata-kata Ernest Hemingway, yang artinya tidak ada teman yang paling loyal selain sebuah buku, buku akan selalu menemani kita kemanapun kita pergi dan saat apapun.


Judul              : Loyal
Produksi       : Sigma Televisi
Durasi                        : 7 menit 48 detik

Pemain          : Balkan Alwi as a man of the book, Sabrina Geavani as Gea, Imam Thamyiz as Gea’s boyfriend, Neva M Dersanala as Friend 1, Ade Achia as Friend 2, Galeh P as Friend 3, Inditrya Was Friend 4
Produser       : M Thalhah
Sutradara     : Galeh Pramudianto

0 komentar: