Mata Hati Seorang Tunanetra

Catatan Film Pendek “Bukuku Lensa Jiwaku”
Oleh Mohd Nadiy Bin Ag Kassim

Kisah seorang pegawai toko buku Eureka yang memandang buruk kepada sorang laki-laki yang buta penglihatan yang minat untuk membaca buku. Cerita bermula lelaki tunanetra memasuki toko buku Eureka dan terlanggar dengan pegawai toko buku itu. Lelaki tunanetra itu meminta maaf kepada pegawai toko buku itu.

Lelaki tunanetra itu mencari buku. Buku yang dipegang terjatuh di lantai. Dalam mencari-cari buku tersebut, muncul gadis pembaca buku membantu mengambil buku tersebut. Keinginan mencari buku mengenai kisah-kisah nabi dan rasul dipenuhi atas bantuan gadis pembaca buku.

 Lelaki tunanetra itu meminta gadis pembaca buku untuk menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul yang terdapat di dalam buku tersebut. Selepas daripada kisah yang diceritakan oleh gadis pembaca buku, ia kembali ke rumah dan menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul kepada anak-anak kecil. Dalam  menceritakan kisah-kisah tersebut, dilihat oleh pegawai toko buku dan dia bersedih.

Keesokkan harinya, lelaki tunanetra menunggu gadis pembaca buku untuk menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul. Muncul pegawai toko buku untuk membacakan kepada lelaki tunanetra itu, setelah selesai pembacaan buku, lelaki tunanetra mengucapkan terima kasih dan mengetahu bahwa orang yang membacakan kisah itu tadi bukanlah gadis pembaca buku tetapi pegawai toko buku tersebut.

Selepas  peristiwa tersebut, sewaktu lelaki tunanetra mengunjungi anak-anak kecil untuk menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul ditemani oleh pegawai toko buku dan pegawai toko buku tersebut sedar bahwa buku itu adalah lensa jiwa di dalam kehidupan manusia. Dengan membaca itu boleh membantu sesama manusia.


Film ini  berkaitan tentang sifat tolong menolong diantara sesama manusia. Digambarkan dalam adegan seorang gadis cantik yang membacakan buku untuk lelaki tunanetra. terhadap orang yang buta penglihatan. Selain itu juga, moral yang baik dimunculkan melalui pemain yang memainkan aktor sebagai orang yang buta yang menyampaikan kisah-kisah tentang kisah-kisah nabi yang didapatkan dari kisah yang diceritakan oleh gadis pembaca buku eureka, dan disampaikan kepada anak-anak kecil untuk menjadi pengetahuan anak.

Sifat pegawai toko buku eureka yang beranggap orang yang buta itu mustahil untuk mendapatkan ilmu dan menyampaikannya, selepas diperlihatkan orang yang buta penglihatan itu menyampaikan ilmu yang didapatkan hasil dari cerita gadis pembaca buku itu membuatkan pegawai toko buku berubah sikap. Ia  mulai membantu orang yang buta itu dengan membacakan kisah-kisah nabi.

Film pendek ini menampilkan beberapa jenis pengambilan shot dalam pengambilan vedio. Dengan tempat yang begitu sesuai memudahkan film ini dijalani pengambilan video. Dengan anak-anak yang diambil sebagai figuran, membantu menghidupkan aktor lelaki tunanetra untuk menyampaikan kisah-kisah nabi dan rasul. Ini sangat baik untuk menjadi tontonan masyarakat berkaitan dengan memberikan pengetahun kepada anak-anak mengenai nabi dan rasul yang wajib untuk diimani dan menjadi teladan.

Namun sayang pada detik ke 46, gambar bergoyang sebelum  melakukan zoom. Suara pemain pun tidak begitu jelas di awal film karena terdengar bunyi motor dan mobil. Figuran juga tidak memainkan watak dengan, karena melihat kamera sewaktu berjalan. Pada menit ke-7, 33 detik ada zoom yang menyebabkan vedio menjadi kabur. Pada 9 minit 10 detik, suara musik terhenti seketika dan bersambung selepas 1 detik. Properti pun kurang diperhatikan, karena buku yang dibacakan bukan buku kisah-kisah nabi dan rasul tetapi buku lain yang dijadikan sebagai buku kisah-kisah nabi dan rasul.

Judul             :Bukuku Lensa Jiwaku
Durasi film     : 10 Menit 34 Detik
Produser – Aldi Indra Kusuma
Ide Cerita – Aghniya Ilma hasan
Skenario – Dion Sagirang
Sutradara – Bustomi

Juru Kamera 1 – Deden Sumarsono
Juru Kamera 2 – Abdul Rosid
Juru Kamera 3 – Acep Hari
Penata Busana – Anisyah AlFaqir
Clip Art – Dewi Shinta Nuranjani
Penyunting – Asep Abdul Rozak
Pembantu Umum – Arya Rusmana

Pemain:
Lelaki Tunanetra - Ahmad Fauzi Maulana
Pegawai Toko Buku – Annisa Nurlatifah
Gadis Pembaca Buku – Desti Puspaningrum
Lelaki Pengunjung Toko – Angga Wiwaha Pratama
Gadis Pengunjung Toko – Asri Rahayu Yuliani
Tahun Produksi:  2014


0 komentar: