Sang Penerang Jalan Kehidupan

Catatan Intan Awaliyah Febriani

Acting pemeran utama sangat natural. Tidak mudah menata adegan anak-anak, membutuhkan kerja ekstra dalam mengarahkannya. Joko Anwar tampak tidak kaku dalam menampilkan anak-anak sebagai peran utama, meski kabarnya film ini merupakan film cerita anak-abak yang disutradarainya. Begitu pula dengan alur cerita yang  sangat inspiratif dan menarik, meski agak sulit untuk dicerna. Film cerita anak karya Joko Anwar ini yang berjudul The Suncatchers. Film pendek berdurasi 12 menit ini kabarnya terwujud berkat kerjasama Joko Anwar dengan perusahaan jasa finasial, Sun Life Financial. 

Film pendek anak The Suncatchers karya Joko Anwar ini merupakan satu dari empat film yang dibuat oleh sutradara-sutradara berbakat dari tiga negara di kawasan Asia. Selain Joko Anwar dari Indonesia, Sun Life Financial yang juga beroperasi di Hong Kong dan Filipina juga mengajak sutradara Jim Libiran dan Jolly Feliciano membuat film pendek dengan tema yang sama.



Film pendek ini menceritakan kisah kakak beradik yang diperankan oleh Andro Trinanda Lukito dan Debby Shinta yang hidup dalam lingkungan masyarakat kelas bawah. Matahari hanya sebuah symbol untuk  membangkitkan semangat orang-orang di sekitarnya. Memang terkesan mengada-ada ketika matahari dijual oleh dua kakak beradik ini. Lebih mengada-ada lagi ketika orang-orang mau membelinya. Sepintas Joko Anwar juga hamper tergelincir memperlakukan matahari sebagai jimat berkhasiat yang bisa membawa keberuntungan. Tidak mistik, tetapi absurd. 

Pesan yang disampaikan dalam film ini jelas bahwa matahari merupakan anugerah yang begitu penting, pemberi harapan, pemberi kehidupan dan membuat dunia berputar serta mudah untuk didapatkan. “the sun. it gives us life. It gives us joy. It makes the world go round”. Saat kita menikmati keindahannya bersinar sepanjang hari dalam kehidupan. Jadi, “mari kita hargai dan jangan pernah melupakannya”.

Judul Film                   : Suncatchers
Sutradara                     : Joko Anwar
Produser                      : UwieBalfas
Rumahproduksi           : A Lo-Fi Film Production
TahunPembuatan        : 2012
Durasi                          : 12 menit

Ayo Saksikan filmya:

1 komentar: