Jejak Mahabharata

Catatan Ana Adelia Khoirunnisa

Berawal dari kerajaan hastinapura yang didalamnya hidup seorang Ratu yang bernama Gangga, dia hidup sendiri dan mempunyai seorang anak yang bernama Bisma. Namun Bisma tidak mau menggantikan Tahta ayahnya, Bisma lebih memilih sebagai pelayan Hastinapura.

Kedua wanita sedang mengandung anak pertamanya melalui cahaya yang masuk kedalam perutnya, hingga menjadi seorang bayi.  kelahiran putra pertama dari wanita yang bernama jalika  di beri nama Destarata, nasib buruk menimpahnya ternyata Destarata mengalami kebutaan sehingga dia tidak bisa menjadi raja hastinapura. Dan kelahiran putra pertama dari alike diberi nama Pandu. akhirnya kerajaan hastinapura diberikan oleh pandu ketika pandu besar nanti.

Selama menuju dewasa Destarasta dan Pandu dilatih pamannya Bisma. tetapi hasrat Destarasta yang ingin menjadi seorang raja membuat Destarasta berlatih tanpa mengenal waktu. meski dengan kebutaannya dia tidak mau orang lain melihat kekurangannya. kehebatannya membuat dia sombong dan ingin menguasai kerajaan. ternyata keinginanya sia-sia perdana mentri wirduna tetap tidak mengizinkannya, banyak berbagai pertimbangan yang tidak bisa membuat Destarasta sebagai raja. namun Pandu pun tidak menginginkan posisi itu, dia lebih memilih kakaknya itu sebagai raja, keterpaksaanlah yang membuat pandu akhirnya memutuskan menjadi seorang raja.
Pooja Sharma, pemeran Drupadi dalam serial "Mahabharata"

Dalam perjalanannya Destarasta dinikahi oleh putri dari kerajaan yang bernama Gandari, wanita yang sangat cantik yang menginginkan suami yang tampan, pada kenyataannya putri gandari mendapatkan suami yang buta, kelembutan hatinya membuat dia menerima Destarasta sebagai suaminya. dia pun menutup matanya dengan kain agar dia tidak bisa melihat dunia, sama seperti suaminya.

Melalui sayembara akhirnya raja Pandu menikahi Ratu Kunti. setelah pernikahannya Kunti dibawa oleh Pandu untuk tinggal di Hastinapura sebagai ratu Hastinapura, malam pertama untuk Pandu dan Kunti tidak bisa dilalui karena pandu harus berperang. Dengan ijin Kunti akhirnya Raja Pandu pergi berperang. Satu hari berlalu akhirnya Raja Pandu pulang dengan selamat, tetapi malah membawa seorang wanita yang bernama Madrid dan dia memperkenalkan kepada kunti dan keluarganya dihastinapura kalo Madrid adalah istrinya.

Hobinya dalam berburu membuat Raja Pandu membawa kedua istrinya ikut bersamanya, terlihat seekor binatang Rusa yang cantik sedang berlari-lari didepan pandangannya. ketika Raja Pandu hendak memanah, Ratu Kunti langsung mengentikannya, dia berkata Rusa itu adalah binatang yang suci dan dosa apabila membunuhnya. akhirnya raja pandu tidak melakukannya. namun  Madrid mendesak serta memaksa Raja Pandu agar mau memanah Rusa itu. keinginannya tidak dihiraukan oleh Raja Pandu tetapi Madrid terus aja memaksanya.. akhirnya Raja Pandu menuruti keinginannya. ketika dia melepaskan panahannya kerusa itu, ternyata Rusa itu berubah menjadi seorang wanita istri dari Resik. darah didadanya membuat wanita itu mati dan resik yang sedang berubah jadi rusa akhirnya merubah dirinya kembali dan mengucapkan sumpah kepada Raja Pandu, “ketika Pandu hendak melakukan hubungan intim maka saat itu juga dia akan mati”. resik pun membunuh dirinya agar ia tetap bersama istrinya.


Pembunuhan yang dilakukan Pandu mengharuskan dia betapa dan mensucikan diri kelembah dan ditemani oleh kedua istrinya tanpa membawa sedikitpun kekayaannya. Dilembah dia hanya hidup bertiga, tanpa kehadiran seorang anak.

Kunti yang diberkati oleh gurunya untuk bisa memanggil dewa, akhirnya dia menggunakan ilmunya itu, ketika ia memanggil dewa maka ia akan diberkati oleh satu anak dari dewa yang ia panggil, putra pertamanya dari dewa surya yang ia beri nama Yudistira, lalu ia meminta lagi oleh dewa. ia beri nama Bima, lalu ia meminta kembali oleh dewa indra, ia beri nama Arjuna, dan terakhir dia ingin dikaruniahi oleh anak kembar. dia memanggil dewa dan ia beri nama anak kembarnya itu dengan nama Nakula dan Sadewa. Akhirnya mereka mempunyai anak. Madrid yang sedang berjalan-jalan dikebun, meminta pandu untuk mengahabiskan waktu bersamanya saat itu, akhirnya pandu melakukan hubungan intim dan langsung meninggal.

Akhirnya kunti dan kelima putranya pergi ke hastinapura, ternyata disana banyak anak laki-laki yang berjumlah 100 anak, dan itu adalah anak dari Destarasta dan Gandari. Tetapi mulai banyak kecurangan yang dilakukan oleh putra-putra Destarasta, terutama oleh putra pertamanya yang bernama Duryudana.

Sayembara yang dilakukan oleh Raja Drupada untuk anaknya yang bernama Drupada melibatkan semua raja dari kerajaannya, sayembaranya siapa yang bisa memanah mata ikan yang berada di langit dia akan mendapatkan Drupadi, Yudistira yang tidak bisa melakukannya,karena dia sudah digantikan oleh Duryudana, dan Yudistira dan kelima adiknya menyamar sebagai orang miskin. kelincahan Arjuna dalam memanah membuat dia mewakili dari kalangan miskin, alhasil arjuna memanah tepat dimata ikan yang berada dilangit tersebut. 

Arjuna memenangkan sayembara dan mendapatkan Drupadi. ketiak Drupadi hendak dibawa kepada ibunya yang sedang betapa, dan ibunya hanya berkata, Arjuna apapun yang kamu bawa dihadapan ibu, kamu harus membaginya dengan kelima saudaramu. itu sumpah ibumu arjuna. ketika ibunya hendak memalingkan wajahnya ternyata Arjuna datang dengan seorang wanita yang sangat cantik. ibunya terkejut dan menyesal dengan yang ia katakana, akhirnya mau tidak mau.. Drupadi menikahi ke 5 putra pandu. namun dia tidak membiarkan yang lain masuk semua dalam kamarnya, dan hanya yudistira yang diperbolehkan, karena yudistira kakak tertua.


Banyak polemik persaingan antara Yudistira Dan Duryudana dia ingin menguasai kerajaan hastinapura. seharusnya kerajaan milik yudistira namun direbut oleh duryudana. kelicikan yang dilakukan Duryudana menambah sengit dalam persaingan. perang saudara pun terjadi. Dalam perang ini banyak yang terlibat.  Pada akhirnya kemenangan menjadi anak Pandu.. Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

0 komentar: