Kisah Para Penjahat dalam Fim “Fast & Furious 6”

Catatan Hanif Hikmatyar

Fast & furious 6 menceritakan pencarian Laty yang terlibat dalam kasus kejahatan bersama musuh bubuyutan Dom. Sebelumnya Laty adalah pacar Dom yang juga ikut bergabung bersama tim yang dipimpin oleh Dom, namun difilm sebelumnya fast & furious 5 Laty terlibat kecelakaan dan dibunuh.

Misteri kematian Laty terungkap dalam film ini, Laty ternyata ditemukan oleh tim penjahat dan dibawa kerumah sakit. Laty mengalami hilang ingatan tingkat sedang dan ahirnya diperbudak oleh tim penjahat. Hobbs melaporkan kejadian tersebut kepada Dom, Dom sempat tidak percaya bahwa Laty masih hidup dan melakukan kejahatan. Setelah Dom penasaran maka Dom memerintahkan kepada anak buahnya supaya berkumpul atas permintaan Hobbs untuk membantu kasus kejahatan tersebut dengan imbalan Dom dan anak buahnya terbebas dari hukum kasus dalam film Fast & Furious 5.
        
    Dari film fast & furious 1 sampai 6 selalu menampilkan hal yang tidak terpikirkan oleh penonton, dalam adegan yang dilakukan tim penjahat untuk kabur menggunakan mobil Tronton yang dihadang dengan teknologi baru yang ditemukan oleh tim Dom menggunakan tali berkekuatan super ternyata dapat di tembus meskipun mobil Tronton rusak dan hancur ternyata didalam box Tronton terdapat Tank baja dan berjalan dijalan bebas hambatan. Tim Dom pun tidak terpikirkan bahwa akan ada Tank baja. Namun Dom selalu banyak cara menghalau musuh meskipun hanya menggunakan mobilnya.

Tali temuan tim Dom turut membantu dalam penghancuran Tank tersebut yang dikaitkan dari slongsong senjata Tank ke mobil anak buah Dom dan terprosok melilit tiang jalan bebas hambatan tersebut hingga ahirnya Tank terjatuh.

            Setelah ditangkapnya pimpinan penjahat, ternyata adik Dom disandera oleh tim jahat terlebih dahulu, terjadilah pertukaran tahanan yang ahirnya penjahat tersebut dilepas untuk menukarnya dengan adik Dom. Transaksi dilakukan di Pangkalan militer, seperti biasa penjahat selalu curang adik Dom tidak dilepas hingga ahirnya terjadi perkelahian yang mengakibatkan salah satu anak buah Dom meninggal.

Film ini tidak untuk ditonton oleh anak-anak, karena tidak sesuai dengan nilai keagamaan yang dianut mayoritas orang Indonesia. Karena dalam scane pertama diceritakan Dom sedang tidur dengan polisi wanita selama Laty tidak ada meskipun keduanya belum terikat pernikahan.

Di Indonesia pun tidak ada yang namanya penjahat membantu polisi untuk menangkap penjahat lainnya dan dihadiahi hukuman bebas. Memang ini hanya sebuah film fiksi namun hawatir jika ada anak yang tidak mampu memfilter pesan dari film tersebut dan menelannya begitu saja akan menimbukan imajinasi yang sama dengan film tersebut, bagaimana membunuh, memacu kecepatan dengan mobil, dan pergaulan bebas.

Maka dari itu dibutuhkan peran lembaga penyiaran untuk lebih memperhatikan film yang masuk ke Indonesia, yang tidak hanya mensensor bagian fital wanita dan adegan sex namun isi dan makna film yang beredar di Indonesia patut diperiksa terlebih dahulu sebelum masuk pasar Indonesia dan mendapat izin lulus sensor
                             
                   JUDUL FILM      : FAST & FURIOUS 6
                   SUTRADARA     : JUSTIN LIN
                   PENULIS             : AURELIA SCHEPPERS
                   TAHUN               : 2014
                   DURASI              : 109 menit

0 komentar: