Bila Waktu Telah Terhenti

Pencipta : Opick
Dipopulerkan oleh : Opick

Bagaimana kau merasa bangga
akan dunia yang sementara
bagaimanakah bila semua
hilang dan pergi meninggalkan dirimu

bagaimanakah bila saatnya
waktu terhenti tak kau sadari
masikah ada jalan bagi mu
untuk kembali mengulang ke masa lalu

dunia....di penuhi dengan hiasan
semua..dan sgala yang ada
akan kembali pada-Nya

bila waktu tlah memanggil
teman sejati hanyalah amal
bila waktu tlah terhenti
teman sejati tinggalah sepi...

Lagu ini bercerita tentang kehidupan manusia di dunia yang hanya sementara, namun manusia sama sekali tidak pernah menyadari akan batas hidupnya di dunia, mungkin sang pencipta lagu terinspirasi oleh ayat Al-Qur’an yang berbunyi “Kullunafsin dza iqotul maut” setiap-tiap yang bernyawa pasti akan merasakan kematian, jadi alangkah baiknya jika kita hidup di dunia tidak hanya mementingkan keberlangsungan hidup di dunia, namun juga kita harus mempersiapkan bekal kita untuk berpindah ke alam akhirat.
            Kematian adalah hal nomor satu yang paling ditakuti oleh manusia, namun kematian juga merupakan satu hal yang wajib dilalui oleh manusia, karena kematian merupakan terminal pertama untuk menuju kehidupan abadi.
            Lagu inipun memberikan pesan untuk kita agar tidak terlalu terlena akan kenikmatan dunia yang hanya sesaat, sesuai dengan ayat Alloh “ Addunya mataa’ul ghuruur” dunia hanyalah kenikmatan yang sesaat. Namun ironisnya mayoritas orang di muka bumi ini menganggap bahwa mereka akan hidup selama-lamanya di dunia ini.
            Melalui lagu ini Opick berusaha menyampaikan sebuah pesan dakwah agar manusia selalu mengingat akan kematian dan jangan terlalu cinta terhadap dunia yang fana ini.
            Terakhir, saya kutip sebuah ungkapan malaikat Jibril kepada Rosululloh SAW “ ‘Isy maa syi’ta fainnaka mutta” hiduplah sebagaimana engkau inginkan, karena sesungguhnya engkau akan mati.***( Agi M Abdul Ghani)

0 komentar: