Demi Masa

Judul lagu          : Demi Masa
Penyanyi           : Group Nasyid Raihan
Pencipta lagu     : Abu bakar (Personel Raihan)

Lagu yang bernuansa religi ini dapat dikatakan sebagai salah satu proses kegiatan dakwah, karena dakwah tidak selalu hanya dilakukan di atas mimbar. Secara luas, dakwah adalah proses penyampaian pesan dari seorang komunikator yang biasa disebut dengan da’i kepada komunikan yang juga biasa disebut mad’u. jika dakwah disampaikan melalui sebuah lagu, maka seorang penyanyi dapat dikatakan sebagai subjek dakwahnya (da’i) dan pendengar lagunya berlaku sebagai objek dakwah (mad’u).
Musik memiliki arti penting dalam sudut pandang spiritual, karena musik dapat menjadi sarana penyampaian pesan dakwah pada masyarakat. Musik bisa mempengaruhi perasaan manusia. Dan musik tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tapi juga memiliki fungsi imajinatif, psikoterapi, religius dan mistis.
Tidak sedikit orang-orang yang tidak terlalu senang mendengarkan ceramah resmi seperti di tempat-tempat pengajian. Namun, mereka lebih senang kepada sesuatu yang berbentuk hiburan. Salah satunya mendengarkan musik atau lagu. Maka berdakwah melalui sebuah lagu bisa menjadi salah satu cara yang efektif agar pesan dakwah dapat disampaikan dan diterima oleh banyak orang.
Kenapa lagu Demi Masa ini dapat dikatakan sebagai salah satu proses kegiatan dakwah? Karena lagu yang yang dinyanyikan oleh group nasyid Raihan ini adalah lagu yang bernafaskan Islam, dengan lirik dan nuansa musik yang dipadukan, langsung mengena pada pendengarnya.
Di dalam lagu ini mengingatkan kita, kalau waktu itu sangatlan berbahaya, mengingatkan kita akan kesehatan dan mensyukuri keadaan. Karena kita ketahui masyarakat sekarang pada umumnya kurang mensyukuri nikmat yang mereka rasakan. Contoh saja sehat, kesehatan yang selama ini kita rasakan adalah anugerah yang luar biasa.
Akan tetapi terkadang kita tidak menyadari bahwa kesehatan yang diberikan Allah kepada kita adalah kunci dasar dari suksesnya aktivitas manusia. Apabila kita sakit, aktivitas kita baik beribadah, mencari nafkah atau aktifitas lain, pasti akan terhambat dan tidak bisa mulus sesuai rencana. lain halnya jika kita sehat apapun dapat kita kerjakan sesuai dengan kemampuan kita. Sama juga dengan memanfaatkan masa muda kita sebelum datang masa tua. Banyak orang yang selalu menyia-nyiakan kesempatan , tanpa mereka sadari bahwa waktu dan keadaan akan selalu bertambah.
Dan seperti Pepatah bilang “kesempatan tidak akan datang dua kali’. Kalau kita tidak menggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, penyesalan yang akan kita dapat. Jadi lagu“Demi Masa” ini mengingatkan kita untuk selalu menghargai waktu dan mensyukuri nikmat Tuhan.
Lirik lagu ini merupakan petikan dari salah satu surat dalam Al-Qur’an, yiatu Q.S Al ‘Ashr surat ke 103 ayat 1-3.
وَالْعَصْرِ {1} إِنَّ الإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ {2} إِلاَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ {3}
1. Demi masa. 2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, 3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
Berikut ini adalah penjelas dari lirik lagu Demi Masa yang mengandung pesan dakwah tersebut:
Demi masa, sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan yang beriman dan yang beramal sholeh
Dijelaskan bahwa sesungguhnya manusia adalah orang-orang yang merugi, kecuali orang-orang yang beriman dan yang melakukan amal shaleh.
Demi masa, sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan nasihat kepada kebenaran dan kesabaran
Lirik selanjutnya masih menjelaskan bahwa manusia adalah orang-orang yang merugi, kecuali orang-orang yang selalu saling menasehati dalam hal kebenaran dan juga dalam hal kesabaran.
Gunakan kesempatan yang masih diberi
Moga kita tak kan menyesal
Masa usia kita jangan disiakan
Karena dia tak kan kembali
Waktu yang telah kita lewati tak kan pernah kembali, maka gunakanlah kesempatan dan waktu yang telah Allah berikan kepada kita, janganlah kita menyia-nyiakannya, semoga kita tak kan menyesal di hari akhir nanti.
Ingat lima perkara
Sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati
Dan ingatlah perkara-perkara di atas agar kita tak pernah menyesalinya dan tidak termasuk orang-orang yang merugi. Setiap manusia akan mengelami mati, maka sebelum hal itu terjadi pada kita hendaklah kita menggunakan kesempatan dan waktu dengan baik dan tidak menyia-nyiakannya.***(Chintia Dz)
================================================

Lagu yang berjudul Demi Masa ini dikutip sesuai dari Al-Qur’an surat Al-Ashr dan hadits Nabi tentang 5 perkara. Lagu ini mengingatkan jangan mengabaikan waktu atau masa yang berharga, karena penyesalan pasti ada. Kata “Ingat lima perkara sebelum lima perkara sehat sebelum sakit”, yang mengingatkan menganai pentingnya kesehatan, juga kata “kaya sebelum miskin”, yang mengajak kita untuk berusaha lebih tekun dan sabar serta berhati-hati dan lebih cermat.
Di dalam lagu ini mengingatkan kita, kalau waktu itu sangatlah berharga juga berbahaya, mengingatkan kita akan kesehatan dan mensyukuri keadaan. Karena kita ketahui masyarakat sekarang pada umumnya kurang mensyukuri nikmat yang mereka rasakan. Contoh saja sehat, kesehatan yang selama ini kita rasakan adalah anugerah yang luar biasa. Akan tetapi terkadang kita tidak menyadari bahwa kesehatan yang diberikan Allah kepada kita adalah kunci dasar dari suksesnya aktivitas manusia. Apabila kita sakit, aktivitas kita baik beribadah, mencari nafkah atau aktifitas lain, pasti akan terhambat dan tidak bisa mulus sesuai rencana. lain halnya jika kita sehat apapun dapat kita kerjakan sesuai dengan kemampuan kita. Sama juga dengan memanfaatkan masa muda kita sebelum datang masa tua.
Banyak orang yang selalu menyia-nyiakan kesempatan, tanpa mereka sadari bahwa waktu dan keadaan akan selalu bertambah. Dan seperti Pepatah bilang “kesempatan tidak akan datang dua kali’. Kalau kita tidak menggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya, penyesalan yang akan kita dapat. Jadi lagu “Demi Masa” ini mengingatkan kita untuk selalu menghargai waktu dan mensyukuri nikmat Tuhan.***(Wati Siti Nurjanah)

0 komentar: