Keramat

Pencipta lagu : Rhoma Irama
Dipopulerkan oleh : Rhoma Irama dan Soneta Group


Hai manusia, hormati ibumu
Yang melahirkan dan membesarkanmu

Darah dagingmu dari air susunya
Jiwa ragamu dari kasih-sayangnya
Dialah manusia satu-satunya
Yang menyayangimu tanpa ada batasnya

Doa ibumu dikabulkan Tuhan
Dan kutukannya jadi kenyataan
Ridla Ilahi karena ridlanya
Murka Ilahi karena murkanya

Bila kau sayang pada kekasih
Lebih sayanglah pada ibumu
Bila kau patuh pada rajamu
Lebih patuhlah pada ibumu

Bukannya gunung tempat kau meminta
Bukan lautan tempat kau memuja

Bukan pula dukun tempat kau menghiba
Bukan kuburan tempat memohon doa
Tiada keramat yang ampuh di dunia
Selain dari doa ibumu jua


Lagu ini menggambarkan begitu tingginya derajat seorang ibu, mungkin bang haji Roma Irama terinspirasi dari sebuah hadits Rosululloh SAW yang artinya : “telah datang seorang pemuda yang bertanya kepada Rosululloh ‘ya Rosululloh siapakah orang yang paling berhak aku jaga di muka bumi ini?’ Rosul menjawab ‘ibumu, ibumu, ibumu, dan ayahmu’. Dalam hadits ini Rosul menyebut nama ibu sebanyak tiga kali dan nama ayah sebanyak satu kali,. Hal ini memebuktikan bahwa derajat seorang ibu itu lebih tinggi dibanding ayah, bahkan didunia inipun hanya ada hari ibu, tidak ada hari ayah.
            Dalam lagu inipun menceritakan tentang bagaimana tatakrama terhadap seorang ibu, bang hajipun mencoba menyampaikan sebuah pesan supaya kita selaku seorang anak untuk selalu mendahului kepentingan dan keinginan seorang ibu daripada orang lain meskipun orang tersebut merupakan atasan kita sendiri.
            Demikian pemaparan dakwah dari lagu ini, alangkah mulianya seorang ibu yang telah susah payah mengandung dan melahirkan kita, mendidik dan menjaga kita, hingga kita dapat menjadi seperti sekarang ini, maka dari itu janganlah kita lupakan jasa-jasa besar seorang ibu.*** (Asep Saefudin)

0 komentar: