Surga-Mu

Penyanyi: Ungu
Pencipta lagu: Enda&Oncy

Segala yang ada dalam hidupku Kusadari semua milikMu
Ku hanya hambaMu yang berlumur dosa
Tunjukkan aku jalan lurusMu Untuk menggapai SurgaMu
Terangiku dalam setiap langkah hidupku
Karena kutahu hanya EngkauTuhanku
Allahu AkbarAllah Maha Besar Ku memujaMu di setiap waktu
Hanyalah padaMu tempatku berteduh memohon ridho dan ampunanMu
Tunjukkan aku jalan lurusMu untuk menggapai SurgaMu
Terangiku dalam setiap langkah hidupku karena kutahu hanya Engkau Tuhanku

Pada lagu surgaMu dalam album ini, secara garis besar memiliki pemahaman konsepsi seorang hamba kepada seorang pencipta, serta keinginan yang selalu diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya, hal tersebut dilakukan dengan jalan memuji akan kebesarannya, memahami akan segala kesalahan-kesalahan sebagai manusia kemudian melakukan perbaikan-perbaikan dengan jalan bertaubat. Sebuah konsep dialogis pada lagu surgaMu terhadap makna keTuhanan serta makna penghambaan sang pencipta.
Segala yang ada dalam hidupku kusadari semua milikmu, konsepsi Tauhin (Iman kepada Allah), yaitu mempercayai akan adanya Allah serta ke-Esaan-Nya, tidak Tuhan selain dari pada dia. Bait lagu disini menjelaskan tentang proses pemahaman akan kekuasaan-Nya yang meliputi seluruh alam serta isinya.
Ku hanya hamba-Mu yang berlumur dosa, Konsepsi Taubat, dalam pertaubatan langkah pertama adalah penyesalan mengakui kesalahan-kesalahan dihadapan-Nya. Memberikan pemahaman bahwa manusia tidak terlepas dari salah dan dosa, hal tersebut supaya menjadi self control dalam menjalani kehidupan.
Tunjukkan aku jalan lurusMu untuk menggapai SurgaMu terangiku dalam setiap langkah hidupku, mengandung makna akan akhlak secara teoritis. Dalam ilmu tasawuf di berlakukan antar makhluk dan sang khaliknya dalam artian wujud nyata seorang makhluk kepada sang khaliknya ialah permohonan (do’a) yakni agar selalu ditujukan kepada jalan yang lurus seperti yang telah diberikan kepada para Nabi dan Rasul serta orang-orang yang shalih untuk menuju surga yang dijanjikan kepada mereka semua orang-orang yang mendapat petunjuk, kemudian terangiku dalam setiap langkah hidupku
Karena kutahu hanya Engkau Tuhanku Allahu AkbarAllah Maha Besar. Proses pengembaan diatas membawa pada sebuah pengakuan bahwa Dia yang segala Maha, spontanitas akan penghambaan tersebut terwujud dengan kaliman dzikir atas pengagungan.
Ku memujaMu di setiap waktu Hanya pada Mu tempat ku berteduh ku mohon ridho dan ampunan Mu. Bait tersebut mengajak manusia agar tidak meninggalkan diri menginat Allah serta memohon kepada Nya dalam kehidupan ini kemudian selalu meminta ampunan dan keridhaanNya.
Tunjukkan aku jalan lurusMu Untuk menggapai SurgaMu Terangiku dalam setiap langkah hidupku. Bait ini mengindikasikan kepada sebuah permohonan dari seorang hamba dalam menjalankan kehidupan di dunia yang penuh dengan tantangan, cobaan, untuk selalu dibimbing dan ditunjukan kepada jalan yang lurus.***( Novia Try Widyaningrum)

0 komentar: